(024) 7460059 mesin@undip.ac.id

GUGUS PENJAMIN MUTU

26. Pengurusan Surat Keterangan Lulus (SKL)

SOP Pengurusan Surat Keterangan Lulus (SKL):
1. Mahasiswa telah lulus Sidang Tugas Akhir (di SSO) dan seluruh Mata Kuliah (MK) minimum sejumlah 144 SKS.
2. Mahasiswa melakukan verifikasi MK menggunakan form terlampir.
3. Jika ada mahasiswa yang memiliki kelebihan SKS karena ada kelebihan Mata Kuliah Pilihan (MKP) maka mahasiswa dapat mengajukan permohonan penghapusan MKP kepada Kaprodi S1 dengan syarat bahwa MKP yang akan dihapuskan tidak berhubungan Tugas Akhir Mahasiswa.
4. Mahasiswa mengajukan permohonan SKL disertai form verifikasi MK yang telah ditanda tangani kepada Operator Prodi: Mas Arif Triantono untuk diproses SKL nya.

Urutan ini perlu dicermati mahasiswa yang akan mengajukan SKL.

Kaprodi S1 Teknik Mesin
cc. Operator Prodi Kang Mas Arief

Download lampiran : SOP Pengurusan Surat Keterangan Lulus (SKL)

27. Ujian Khusus
SOP Ujian Khusus Semester Gasal 2021

1. Ujian khusus dapat dimohonkan kepada Prodi S1 Teknik Mesin untuk mahasiswa yang sudang mengambil Mata Kuliah sekurang-kurangnya 2 kali pengambilan (termasuk semester berjalan).
2. Mahasiswa dapat mengajukan permohonan Ujian Khusus apabila telah melaksanakan Seminar Tugas Akhir dan dinyatakan lulus oleh Dosen Pembimbing Tugas Akhir.
3. Disarankan mahasiswa mengajukan permohonan Ujian Khusus dengan mengambil MK tersebut pada semester berjalan. Mahasiswa mengajukan dengan mengirim email ke: prodi.S1.mesin@gmail.com
4. Ujian Khusus akan dilaksanakan pada waktu yang dijadwalkan oleh Prodi S1 dengan soal diberikan oleh dosen pengampu yang ditetapkan oleh Prodi S1.
5. Prodi membutuhkan waktu untuk mengajukan permohonan ujian khusus kepada dosen pengampu, menyiapkan soal dan menentukan jadwal pelaksanaan ujian khusus.
6. Mahasiswa dapat dinyatakan lulus/tidak lulus dalam Ujian Khusus ini.
7. Hasil Ujian Khusus akan diberikan kepada mahasiswa dalam bentuk Berita Acara yang ditandatangani oleh dosen pengampu ujian khusus.
8. Form permohonan ujian khusus terlampir

Harap diperhatikan.

cc. Ibu Rukanah Perpus
Kang Mas Arief

Download lampiran : SOP Ujian Khusus Semester Gasal 2021

28. Upgrade Nilai Prestasi atau 3 Kali Pengambilan
SOP Upgrade Nilai Pretasi atau 3 Kali Pengambilan

Mahasiswa yang akan mengajukan permohonan upgrade nilai Mata Kuliah (MK) karena sudah mengambil kuliah 3 kali atau upgrade nilai karena prestasi kejuaraan/perlombaan nasional/internasional dapat mengikuti SOP tersebut di bawah ini:
1. Perbaikan 3x nilai MK, dilakukan pada pengambilan MK yang keempat dan dimohonkan pada saat MK tersebut berjalan. Mahasiswa mengambil MK tersebut pada saat/akhir semester berjalan.
2. Perbaikan nilai untuk prestasi lomba/kejuaraan nasional dan internasional hanya dapat dimohonkan 1 kali sepanjang masa perkuliahan seorang mahasiswa di Teknik Mesin. Permohonan upgrade nilai dilaksanakan saat mahasiswa mengambil kembali MK tersebut di semester berjalan.
3. Mahasiswa mengajukan permohoan kepada Kaprodi S1 melalui email prodi: prodi.S1.mesin@gmail.com menggunakan form terlampir
4. Mahasiswa memberikan konformasi kepada Kaprodi terkait permohonan tersebut.
5. Usulan ini dapat disetujui atau ditolak dengan mempertimbangkan lampiran dokumen dan pemenuhan persyaratan yang dibutuhkan.

Harap diperhatikan

cc. Ibu Rukanah Perpus

Kaprodi S1 Teknik Mesin

Download lampiran : SOP Upgrade Nilai Pretasi atau 3 Kali Pengambilan

29. Penulisan Subject-Judul Email ke Prodi dan Lampiran